Rabu, 02 Januari 2013

Illinois Pada Masa Pra dan Pendatang Eropa

Penduduk asli Amerika dari budaya berturut-turut tinggal di sepanjang saluran air dari daerah Illinois selama ribuan tahun sebelum kedatangan orang Eropa. Situs Koster telah digali dan menunjukkan 7.000 tahun tempat tinggal terus menerus. Cahokia, yang chiefdom daerah terbesar dan pusat kota dari budaya Mississippian Pre-Columbian, terletak dekat kini Collinsville, Illinois. Mereka membangun sebuah kompleks perkotaan lebih dari 100 platform dan gundukan pemakaman, yang 50 hektar (20 hektar) plaza lebih besar dari 35 lapangan sepak bola, dan Woodhenge dari sakral cedar, semua dalam desain yang direncanakan mengekspresikan budaya kosmologi. Monks Mound, pusat situs, adalah utara struktur terbesar precolumbian dari Lembah Meksiko. Ini adalah 100 kaki (30 m) tinggi, 951 kaki (290 m) panjang, 836 kaki (255 m) lebar dan mencakup 13,8 hektar (5,6 ha). Ini berisi sekitar 814.000 meter kubik (m3 622.000) bumi. Ini adalah puncak oleh struktur diperkirakan berukuran sekitar 105 kaki (32 m) panjang dan 48 kaki (15 m) lebar, meliputi area 5.000 kaki persegi (460 m2), dan telah sebanyak 50 kaki (15 m) tinggi, sehingga puncaknya 150 kaki (46 m) di atas tingkat plaza. Peradaban lenyap dalam abad ke-15 untuk alasan yang tidak diketahui, namun para sejarawan dan arkeolog telah berspekulasi bahwa orang habis bidang sumber daya. Banyak suku-suku asli yang terlibat dalam peperangan konstan. Menurut Suzanne Austin Alchon, "Pada satu situs di pusat Illinois lembah Sungai, sepertiga dari semua orang dewasa meninggal akibat luka-luka kekerasan."

Kekuatan utama berikutnya di wilayah ini adalah Konfederasi Illinois atau Illini, aliansi politik di antara beberapa suku. Orang-orang Illinois berjumlah sekitar 25.000 pada tahun 1700, namun serangan-serangan sistematis dan perang oleh Iroquois dari Timur mengurangi jumlah mereka sebesar 90 persen. Secara bertahap, anggota Algonquian berbahasa Potawatomi, Miami, Sauk, dan suku-suku lainnya datang ke wilayah dari timur dan utara di sekitar Great Lakes. Dalam Revolusi Amerika., Illinois dan Potawatomi didukung menyebabkan penjajah Patriot '.

Perancis Jacques Marquette penjelajah dan Louis Jolliet menjelajahi Sungai Illinois pada tahun 1673. Pada 1680, penjelajah Perancis lainnya dibangun sebuah benteng di lokasi Peoria hari ini, dan pada 1682, sebuah benteng atas Starved Rock State Park di Starved hari ini Rock. Perancis Kanada datang ke selatan untuk menyelesaikan terutama di sepanjang Sungai Mississippi, dan Illinois adalah bagian dari kekaisaran Perancis La Louisiane sampai 1763, ketika melewati ke Inggris dengan kekalahan mereka dari Prancis pada Perang Tujuh Tahun. Pemukiman Perancis kecil terus, meskipun banyak bermigrasi barat Perancis ke Ste. Genevieve dan St Louis, Missouri untuk menghindari kekuasaan Inggris.

Sebuah tentara Inggris sedikit yang diposting di Illinois, tetapi pemukim Inggris atau Amerika beberapa pindah ke sana, karena Crown membuatnya bagian dari wilayah disediakan untuk India barat Appalachian. Pada 1778, George Rogers Clark mengklaim Negara Illinois untuk Virginia. Dalam kompromi, Virginia menyerahkan daerah ke baru Amerika Serikat pada tahun 1783 dan menjadi bagian dari Wilayah Barat Laut, untuk dikelola oleh pemerintah federal dan kemudian diatur sebagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar